Kamis, 12 April 2012


NETIKET DALAM DUNIA MAYA
Istilah yang  yang dikenal sebagai ‘Netiket’ atau Netiquette. Netiket adalah etika dalam  berkomunikasi dalam dunia maya.
Æ  Netiket atau netiquette, adalah etika dalam berkomunikasi melalui email. Seperti halnya berkomunikasi melalui surat atau tatap muka, berkomunikasi dengan email butuh tata cara sendiri. Bias dibayangkan hamper setiap hari ada jutaan email dikirimkan dan diterima begitu banyak orang. Maka salah kata, bias berarti fatal.
Pengertian Etiket Email
Æ  Netiket atau netiquette, adalah etika dalam berkomunikasi melalui email.seperti halnya berkomunikasi melalui surat atau bertatap muka, berkomunikasi dengan email butuh tatacara sendiri. Bias dibayangkan, hampir setiap hari ada jutaan email dikirim dan diterima dan diterima oleh begitu banyak orang. Maka salah-salah kata, bias berarti fatal.
Etika Email
Æ  Hati-hati dalam melakukan balasan (replay) fasilitas ‘Replay’ dari sebagian program besar program mailer biasanya akan mengutik pesan asli yang anda terima secara otomatis ke dalam isi surat anda.
Æ  Perlakukan email secara pribadi jika seorang mengirim informasi atau gagasan kepada anda secara pribadi, anda tidak sepatutnya mengirimnya ke forum umum, seperti kelompok Group, atau mailing list.
Æ  Jangan menggunakan huruf capital seperti halnya membaca surat kabar, atau surat, pembaca pesan email yang menggunakan huruf besar/capital yang berlebihan tidak enak dilihat. Tapi disamping itu, terutama dalam tata krama berkomunikasi dengan email/chat, penggunaan huruf besar biasanya dianggap berteriak.
Æ  Jangan menggunakan CC jika anda ingin memilih email ke sejumlah orang (misalnya di mailing list), jangan cantumkan nama-nama dalam kolom cc.
Æ  Jangan sembarangan menggunakan format HTML jika anda mengirim sebuah pesan penting ke rekan anda, jangan menggunakan format HTML tanpa anda yakin bahwa program email rekan anda bias memahami kode HTML.
Æ  Jangan kirim file (dalam jumlah besar) dalam bentuk attachment pengaturan email secara internasional melarang pengiriman format melalui email, apalagi di dalam millis.
Æ  Jawablah secara masuk akal jangan menjawab dua,tiga pertanyaan dalam satu jawaban.

Etika chatting
Æ  Jangan pernah memberikan informasi pribadi apapun seperti nomer telepon,alamat rumah, dan lain-lain kepada orang yang belum anda kenal betul.
Æ  Jangan pernah menggunakan nama asli sebagai nickname. Anda.
Æ  Jangan pernah berjanji untuk bertemu dengan seseorang yang satu kota dengan anda apalagi luar kota sebelum anda tidak benar-benar mengenal orang tersebut.
Æ  Jangan pernah mengetik percakapan menggunkan huruf besar, Karena anda dianggap sebagai teriakan.
Æ  Jargon pernah kata-kata anda berisi informasi yang tidak bermakna, seperti menekan enter berulang kali.
Æ  Jangan pernah menggunakan kata-kata yang tidak senonoh(tidak sopan), karena hal ini membuat anda akan ditendang oleh operator channel tersebut, sehingga anda tidak bergabung lagi.
Æ  Jangan pernah melayani teman chatting yang menggunakan kata besar atau tidak sopan.
Cara chatting
Æ Harus sopan
Siapapun partner chatting kita, mengenalnya atau tidak mau melayani percakapan dengan kita, kita harus menghormatinya dan tidak boleh memaksa untuk menjawab atau meladeni percakapan kita.
Æ  Harus jujur
Usahakan untuk menuliskan sesuatu apapun dengan jujur(kecuali untuk hal-hal yang menyangkut privasi), karena hal ini akan membuat partner chatting kita percaya dan menghargai kita. Yakinlah bahwa sejelek atau seburuk apapun, jika kita mengatakannya dengan jujur, orang lain akan menghargai kita dengan baik dan mengangkat topi untuk itu. Yang sering kita jumpai (bahkan saya sendiri) adalah sulit untuk mengatakan apa adanya, seperti umur, status, atau pekerjaan.
Æ  Jangan suka mengganggu dan iseng
Walaupun partner chatting kegiatan online belum tentu dia mempunyai waktu untuk melakukan chatting dengan kita, siapa tahu dia mempunyai pekerjaan yang memerlukan konsentrasi.
Jangan mengetikan “BUZZ” terus menerus.
Æ  Jangan pernah membawa SARA
Karena hal ini sangat sensitive yang dapat memicu perselisihan dan yakinlah hal itidak akan member manfaat apa-apa bagi kedua belah pihak.
Æ  Ucapkan salam
Tidak ada buruknya jika ucapan salam diterapkan pada saat chatting yang justru dapat menambah suasana keakraban. Pada setiap perjumpaan kita bisa mengetikkan selamat siang, halo,hi, atau senang bertemu anda kembali, atau jika ingin mengakhirinya, bisa mengetikkan selamat tinggal, bye, atau sampai ketemu lagi.
Æ  Jangan menuliskan dengan HURUF BESAR (capital)
Karena hal ini mengandung arti teriakan sehingga dapat membuat partner chatting marah atau tersenyum.
Æ  Aktifkan status offline
Hal ini dapat menjadi alternative jika anda sedang sibuk atau tidak ingin di ganggu chatter lain, dan ini sah-sah saja.
Æ  Jangan terlalu banyak membuka dialog
Pada saat yang bersamaan, jika anda tidak ingin dikatakan tidak serius oleh partner chatting anda, karena harus melayani banyak dialog dengan yang lain. Selain itu jika sembari menyelesaikan tugas pekerjaan, maka akan sangat mengganggu kelancaran pekerjaan anda tersebut.
Æ Jangan lupa minta izin
Kepada partner chatting, pada saat kita ingin meninggalkan computer, siapa tau dia sedang menunggu jawaban dari kita.

Netiket Mailing /Group
Æ Jangan gunakan huruf capital
Karena penggunaan karakter huruf bisa dianalogikan dengan suasana hati sipenulis. Huruf capital mencerminkan penulis yang sedang emosi, marah, atau berteriak.
Æ Kutip seperlunya
Ketika anda ingin member tanggapan terhadap postingan seseorang dalam satu forum, maka sebaiknya kutiplah bagian terpenting saja yang merupakan inti dari hal yang ingin anda tanggapi dan buang bagian yang tidak perlu.
Æ Perlakuan terhadap pesan pribadi
Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada anda secara pribadi atau(private     message),anda tidak sepatutnya mengirim/ menjawabnya kembali dalam forum umum.
Æ Hati-hati terhadap informasi/HOAX
  Tidak semua berita yang beredar di internet itu benar adanya,seperti halnya spam,hoax   juga merupakan musuh besar bagi para kebanyakan netter.
Æ Ketika “Harus”Menyimpang Dari Topik(out of topik/OOT)
Ketika anda ingin menyampaikan hal yang diluar topic (OOT) berilah keterangan,supaya subyek dari diskusi tidak rancu
Æ Hindari Personal Attack
Ketika anda tengah dalam situasi debat yang sengit, jangan sekali-kali anda menjadikan kelemahan kepribadian lawan sebagai senjata untuk melawan argumentasinya
Æ Kritik Dan Saran yang Sifat Pribadi Harus Lewat PM (Personal massage)
  Janggan mengkritik seseorang di depan forum.Ini akan membuatnya rendah diri.Kritik      dan saran yang di berikan pun harus bersifat konstruktif,bukan destruktif
Æ Dilarang menghina Agama
Ada beberapa forum dalam situs ini yang memukinkan terjadinya debat antar agama, atau berlainan denominasinya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar